EDUKASI STUNTING DAN PEMBUATAN PUDING DAUN KELOR PADA IBU BADUTA DAN IBU HAMIL

  • Sri Syatriani Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Hardianti Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Wahyu Suciati Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Edukasi Stunting, Pembuatan Pudding Daun Kelor, Baduta dan Balita

Abstract

Latar belakang: Stunting diakibatkan karena kurangnya asupan zat gizi maupun penyakit infeksi yang berlangsung kronis. Salah satu upaya dalam pencegahan Stunting adalah dengan pemanfaatan tanaman lokal sebagai bahan pangan. Tanaman Kelor (Moringa Oleifera) merupakan salah satu bahan pangan yang banyak ditemukan termasuk di desa Tanammawang dan memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Upaya penanggulangan stunting di Provinsi Sulawesi Selatan belum mencapai target penurunan stunting. Anak yang kekurangan asupan gizi akan berdampak pada keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan otak, tulang, dan gangguan emosi.

Tujuan: Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang stunting dan upaya pencegahannya melalui edukasi dan praktek pembuatan olahan daun kelor dengan pudding.

Metode: Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah edukasi tentang pencegahan stunting dan pembuatan pudding daun kelor pada ibu baduta. yang dilakukan di Desa Tanammawang Dusun Sarroanging 1 Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jenepoonto Sulawesi Selatan.

Hasil: Kegiatan ini dilakukan di Dusun Sarroanging 1 Desa Tanammawang adalah kegiatan edukasi, cara pembuatan, dan pembagian pudding daun kelor dengan sasaran objek kegiatan ini adalah ibu dan anak baduta dan balita. Kegiatan ini dihadiri 16 ibu beserta baduta dan balita.

Kesimpulan: Kegiatan edukasi, cara pembuatan, dan pembagian pudding daun kelor dengan sasaran objek kegiatan ini adalah ibu, anak baduta dan ibu hamil. Setelah pelaksanaan sosialisasi pada kegiatan pengabdian masyarakat maka terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan ibu baduta dan ibu hamil tentang manfaat daun kelor untuk pencegahan stunting pencegahan stunting dengan perbaikan gizi untuk baduta dan ibu hamil serta peningkatan keterampilan ibu baduta dan ibu hamil membuat pudding daun kelor.

Published
2023-08-31
How to Cite
Sri Syatriani, Hardianti, & Wahyu Suciati. (2023). EDUKASI STUNTING DAN PEMBUATAN PUDING DAUN KELOR PADA IBU BADUTA DAN IBU HAMIL. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gerakan Aksi Sehat (GESIT), 3(2), 107-111. https://doi.org/10.51171/jgs.v3i2.386