EDUKASI DAN GERAKAN MAKAN IKAN DENGAN OLAHAN BAKSO UNTUK MENCEGAH STUNTING DI DESA BULULOE KABUPATEN JENEPONTO

  • Esse Puji Pawenrusi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Kamariana Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Suarni Program Studi Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Andi Indah Fajrina Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Viralin Abas Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Bakso ikan, Edukasi, Cegah stunting

Abstract

Latar belakang: Gerakan makan ikan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan konsumsi ikan Indonesia. Konsumsi ikan dengan kandungan protein merupakan upaya untuk pencegahan stunting.

Tujuan: kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait pentingnya konsumsi ikan dan Gerakan makan ikan dengan olahan bakso dalam upaya pencegahan stunting.

Metode: kegiatan berupa pemberian edukasi melalui penyuluhan pada ibu yang memiliki anak usia sekolah Dasar dan pemberian olahan bakso berbahan dasar ikan sebanyak 14 ibu di Desa Bululoe kabupaten Jeneponto.

Hasil: menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan ibu setelah diberikan penyuluhan. usia anak mulai diberi makan ikan paling banyak kategori usia 1-3 tahun sebanyak 6 orang (43%), Sebagian besar ibu tidak pernah mengolah ikan dalam bentuk camilan sebanyak 12 orang (85.7%), anak yang tidak gemar makan ikan Sebagian besar disebabkan karena tidak suka baunya dan tidak suka rasanya masing-masing 5 orang (35.7%) dan semua responden dan anak menyukai rasa olahan bakso dari ikan (100%).

Kesimpulan: Terjadi peningkatan pengetahuan setelah pemberian edukasi berupa penyuluhan, serta semua menyukai olahan bakso berbahan dasar ikan.

Published
2023-08-31
How to Cite
Esse Puji Pawenrusi, Kamariana, Suarni, Andi Indah Fajrina, & Viralin Abas. (2023). EDUKASI DAN GERAKAN MAKAN IKAN DENGAN OLAHAN BAKSO UNTUK MENCEGAH STUNTING DI DESA BULULOE KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gerakan Aksi Sehat (GESIT), 3(2), 117-123. https://doi.org/10.51171/jgs.v3i2.388