SOSIALISASI PENTINGNYA IMUNISASI LENGKAP DI POSYANDU MEKAR 1 DUSUN PACCINONGAN DESA TINO KABUPATEN JENEPONTO

  • Andi Rizky Amaliah Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Muh. Sahlan Zamaa Program Studi Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Renaldi M Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Putri Priscilia Ratsina Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Balita, Imunisasi, Lengkap

Abstract

Latar Belakang : Imunisasi melindungi anak terhadap beberapa Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Setiap tahun lebih dari 1,4 juta anak di dunia meninggal karena berbagai penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi. Meskipun pada kenyataannya sekarang telah banyak ibu yang membawa bayinya ke tenaga kesehatan untuk mendapatkan imuniasi, namun hanya sebagian kecil dari mereka yang diberikan konseling.

Tujuan : sosialisasi ini untuk memberitahukan masyarakat khususnya ibu yang mempunyai balitan bahwa imunisasi lengkap dapat membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit.

Metode : Metode yang digunakan adalah metode diskusi dan Tanya jawab. Sedangkan Media yang digunakan dalam sosialisasi yaitu berupa leaflet pentingnya imunisasi lengkap, Sebanyak 20 ibu dan anak hadir dan mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Hasil : Pada pengabdian ini terdapat peningkatan pengetahuan dan kesadaran ibu untuk membawa anaknya mendapatkan imunisasi dalam upaya pencegahan penyakit.

Kesimpulan : Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu yang mempunyai anak balita terkait dengan pentingnya imunisasi lengkap dan diharapkan juga para tokoh masyarakat dapat mendukung kegiatan-kegiatan penyuluhan mengenai kesehatan masyarakat.

Published
2024-01-31
How to Cite
Amaliah, A. R., Muh. Sahlan Zamaa, Renaldi M, & Putri Priscilia Ratsina. (2024). SOSIALISASI PENTINGNYA IMUNISASI LENGKAP DI POSYANDU MEKAR 1 DUSUN PACCINONGAN DESA TINO KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gerakan Aksi Sehat (GESIT), 4(1), 148-152. https://doi.org/10.51171/jgs.v4i1.419