PENGABDIAN MASYARAKAT CANTIK BERSIH TANPA ANEMIA (TULOLO CARADDE) DI SMK 4 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO

  • Nurfitri Program Studi Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Muhammad Hatta Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Jufri Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Nadila Bole Boly Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Tulolo caradde, Pencegahan anemia, Remaja SMP

Abstract

Latar belakang: Anemia merupakan indicator gizi buruk dan kesehatan yang buruk. Prevalensi anemia pada wanita 29,9% wanita usia 15-49 tahun menderita anemia pada tahun 2019. Pada tahun 2019, prevalensi anemia global adalah 29,9% (95% ketidakpastian interval (UI) 27,0%, 32,8%) pada wanita usia subur, setara dengan lebih dari setengah miliar wanita berusia 15-49 tahun.

Tujuan: untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap pencegahan anemia sejak dini.

Metode: Pengabdian masyarakat Cantik bersih tanpa anemia (TULOLO CARADDE) dan pemberian doorprice dilakukan pada hari Selasa, 06 juni 2023 Pukul, 10:00 wita di SMP Negeri 4 Tamalatea Kab. Jeneponto. Kegiatan ini dilaksanakan bersama mahasiswa KKN tematik STIK Makassar. Peserta pada kegiatan ini adalah Siswa siswi kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri 4 Tamalatea sebanyak 21 orang. Metode penyuluhan yang digunakan berupa penyuluhan yang interaktif dengan menggunakan media leaflet.

Hasil: Penyuluhan mulai dengan perkenalan, kemudian ice breaking sebelum memulai pemberian materi, disela-sela pemberian materi diikuti dengan pemberian pertanyaan berupa games dan yang terakhir diskusi berupa tanya jawab dan sebelum mengakhiri kegiatan dilakukan foto bersama. Penyuluhan ini meningkatkan minat dan pengetahuan siswa siswi tentang pentingnya pencegahan anemia sejak dini.

Kesimpulan: Penyuluhan Cantik Bersih Tanpa Anemia (TULOLO CARADDE) mampu meningkatkan pengetahuan siswa siswi tentang pencegahan anemia.

Published
2024-01-31
How to Cite
Nurfitri, Muhammad Hatta, Jufri, & Nadila Bole Boly. (2024). PENGABDIAN MASYARAKAT CANTIK BERSIH TANPA ANEMIA (TULOLO CARADDE) DI SMK 4 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gerakan Aksi Sehat (GESIT), 4(1), 175-180. https://doi.org/10.51171/jgs.v4i1.429