EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA DAN TABLET FE
Abstract
Latar Belakang: Anemia masih menjadi masalah kesehatan umum pada remaja putri yang berdampak pada kualitas hidup dan prestasi belajar. Upaya edukasi yang menarik dan interaktif diperlukan untuk meningkatkan literasi kesehatan, khususnya terkait pentingnya konsumsi Tablet Fe
Tujuan: Meningkatkan literasi kesehatan remaja putri terkait anemia dan konsumsi Tablet Fe
Metode: Edukasi menggunakan media permainan ular tangga, penyuluhan kesehatan, pemberian Tablet Fe dan makanan tambahan kepada 39 siswi MTs dan MA YAPAKH Biring Ere. Penilaian dilakukan dengan pre-test dan post-test.
Hasil: Terjadi peningkatan pengetahuan dari 76,9% menjadi 100% dalam kategori cukup.
Kesimpulan: model edukasi berbasis permainan terbukti efektif, menyenangkan, dan relevan untuk diterapkan dalam program kesehatan remaja di sekolah.