INTERVENSI EDUKASI ANEMIA PADA ANAK REMAJA PUTRI DI SMPN 4 MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

  • Musriadi Universitas Mega Buana Palopo
  • Zamli Universitas Mega Buana Palopo
Keywords: Lingkungan, Pengelolaan Sampah, Partisipasi Masyarakat, Edukasi, 3R

Abstract

Latar belakang: Permasalahan sampah akibat perilaku membuang sampah sembarangan masih menjadi isu lingkungan yang krusial di berbagai wilayah, termasuk di pedesaan. Rendahnya kesadaran masyarakat, kurangnya fasilitas pengelolaan sampah, serta minimnya edukasi menjadi tantangan utama dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tujuan: Untuk meningkatkan pengetahuan dan membentuk perilaku peduli lingkungan melalui pendekatan edukatif dan aplikatif.

Metode: Pendekatan partisipatif melalui observasi, penyuluhan, praktik langsung pembuatan pagar tanaman dari limbah kayu, serta pemanfaatan sekam padi sebagai media tanam. Kegiatan ini melibatkan ibu rumah tangga, pemuda, dan tokoh masyarakat setempat.

Hasil: Menunjukkan peningkatan signifikan terhadap pengetahuan warga mengenai prinsip pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) serta keterlibatan aktif dalam aksi kebersihan lingkungan. Warga mulai memilah sampah, melakukan daur ulang sederhana, dan mengusulkan sarana pendukung seperti tempat sampah terpilah. Meskipun masih terdapat hambatan berupa keterbatasan fasilitas dan kebiasaan lama, antusiasme warga menjadi indikator keberhasilan pendekatan yang diterapkan.

Kesimpulan: Program DAMSA PALI berhasil menjadi model edukasi lingkungan berbasis komunitas yang   efektif   dan   berkelanjutan   serta   dapat   direplikasi   di   wilayah   lain   yang menghadapi permasalahan serupa.

Published
2025-08-31
How to Cite
Musriadi, & Zamli. (2025). INTERVENSI EDUKASI ANEMIA PADA ANAK REMAJA PUTRI DI SMPN 4 MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gerakan Aksi Sehat (GESIT), 5(2), 401-409. https://doi.org/10.51171/jgs.v5i2.616