HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA
Abstract
Latar belakang: Setiap orangtua ingin memiliki anak dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik, bai secara fisik, psikis, kognitif, dan sosial. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwasanya anak yaitu seseorang yang usianya belum masuk 18 tahun, termasuk pada seseorang yang masih di dalam kandungan ibunya.
Tujuan: Untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak disabilitas di SLB Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2024.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan metode analitik deskriptif yang dimana menggunakan rancangan cross sectional.
Hasil: Ada hubungan yang signifikan diantara hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak tuna rungu dengan nilai p-value 0,002. Sedangkan tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak tuna grahirta dengan nila p-value 0,555.
Kesimpulan: Simpulan tidak ada hubungannya yang signifikan diantara pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak tunagrahirt dan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak tunarungu terdapat hubungan yang signifikan.
References
Bappelitbangda. (2023). Workshop Penyusunan Matriks RAD Penyandang Disabilitas Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023 - 2026. https://bappelitbangda.sulselprov.go.id/detailpost/workshop-penyusunan-matriks-rad-penyandang-disabilitas-provinsi-sulawesi-selatan-tahun-2023-2026
Hamidah. (2024). Machine Translated by Google Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pengetahuan Orang Tua Di RS Hermina Padang 2023 Machine Translated by Google. 2(2), 13–30.
Herlina, H. (2022). Hubungan Pola Pengasuhan Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Rektardasi Mental Di Slb Cahaya Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Getsempena Health Science Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/ghsj.v1i1.1708
Kurniadi, Y U., et al. (2020). Penyandang Disabilitas di Indoneisa. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.
Mulyanti. (2021). Pola Pengasuhan Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah :Literature Review. HealthCare Nursing Journal, 3(2), 116–124. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/healtcare/article/view/1333
Paupedia. (2023). Tiap tahun 3000 - 5000 anak lahir dengan daun sindrom sebanyak 40.928 sekolah lakukan program inklusi. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/kabar-paud/berita/tiap-tahun-3000-5000-anak-lahir-dengan-down-syndrome-sebanyak-40928-sekolah-lakukan-program-inklusi
Pratiwi, R. D., Hapsari, V. D., Adha, M. Z., & Nadila, S. (2023). Korelasi Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). 4(1), 292–301.
Utami, R. N. (2021). Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak penyandang disabilitas di slbn surade kabupaten sukabumi 1,2,3. 10(2), 44–52. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v11i1.421
Wirnarti. (2019). Winarti Program Studi PIAUD STITNU al Hikmah Mojokerto E-mail: 261–270.