HUBUNGAN KINERJA DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI-S1 KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN STELLA MARIS MAKASSAR

  • Matilda Martha Paseno STIK Stella Maris Makassar

Abstract

Kinerja dosen adalah kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan atau tugas yang dimiliki dosen dalam menyelesaikan suatu pekerjaannya. Prestasi kerja atau penampilan kerja (performance). Di Institusi perguruan tinggi bukan hanya memiliki tenaga dosen yang mempunyai pendidikan yang tinggi tapi juga harus memiliki kinerja dosen yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sehingga mampu mencapai tujuan atau perencanaaan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja dosen dengan motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasi (hubungan) dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi-S1 Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar yang terdiri dari 406 orang mahasiswa. Metode pengambilan sampel dengan tekhnik sampling Proportionate Stratified Random Sampling dan memiliki responden sebanyak 198 orang.
Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah kuesioner yang berisi data karakteristik mahasiswa, kinerja dosen dengan 20 pernyataan, dan motivasi belajar mahasiswa dengan 10 pernyataan. Analisa data dengan menggunakan SPSS for windows versi 19 dengan uji alternatif dari chi square yaitu uji pearson chi square. Dari hasil uji statistik diperoleh nilai X2hitung= 34,441 dan X2tabel=5,591 sehingga nilai X2hitung > X2tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada hubungan kinerja dosen dengan motivasi belajar mahasiswa program studi-S1 keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar. Kinerja dosen dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar harus sesuai dengan kriteria kinerja dosen seperti, penampilan, kemauan dan kemampuan mengajar, dan kemampuan beradaptasi yang baik.

Published
2017-11-30
How to Cite
Matilda Martha Paseno. (2017). HUBUNGAN KINERJA DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI-S1 KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN STELLA MARIS MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 7(2). https://doi.org/10.51171/jms.v7i2.222