PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN BAYI BARU LAHIR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DALAM MERAWAT BAYI BARU LAHIR YANG DIRAWAT GABUNG DI RSUD LABUANG BAJI KOTA MAKASSAR
Abstract
Dari data yang diperoleh di RSU Labuang Baji Makassar Periode Januari 2009 sampai dengan Nopember 2009, jumlah ibu yang melahirkan (ibu primipara) sebanyak 531 orang dan berdasarkan hasil wawancara terhadap beberapa perawat mengatakan bahwa ibu postpartum terutama ibu yang baru pertamakali melahirkan (primipara) di ruang perawatan bayi kurang memperhatikan tentang cara perawatan bayi karena pengetahuan tentang cara perawatan bayi yang masih terbatas. Maka dari itu, pemberian pendidikan kesehatan terhadap ibu, khususnya ibu yang baru pertama kali melahirkan untuk peningkatan pengetahuan dan perilaku ibu dalam merawat bayi sangat penting dilakukan.
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pre-eksperimental dengan one group pretest-postest design yaitu penelitian yang menggunakan satu kelompok subyek, pengukuran dilakukan sebelum dan setelah pemberian perlakukan pada subyek, Populasi adalah semua ibu primipara yang melahirkan normal di RSU Labuang Baji Makassar, sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan total sampling yaitu sebanyak 42 ibu primipara yang telah memenuhi kriteria di RSU Labuang Baji Makassar.
Hasil analisis uji T-Test diperoleh nilai signifikan P = 0,000 dimana p < α (0,05). Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu primipara dalam merawat bayi baru lahir, Dengan analisis uji T-Test diperoleh nilai signifikan P = 0,000 dimana p < α (0,05). Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku ibu primipara dalam merawat bayi baru lahir
Bagi instansi rumah sakit agar menggalakkan pemberian pendidikan kesehatan / informasi awal tentang bagaimana merawat bayi baru lahir terutama pada masa pemeriksaan kehamilan.