Kinerja Program Promotif Preventif Berdasarkan Pendekatan Manajemen Di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar Tahun 2021

  • Hayatun Nufus UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
  • Nurmiati Muchlis Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Ikhtiar Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pelayanan, Promotif, Preventif, Puskesmas

Abstract

Puskesmas menjadi salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam upaya promotif preventif berdasarkan pendekatan manajemen (input-proses-output) di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendektan fenomenologi. Informan penelitian ini sebanyak 12 orang, yaitu kepala puskesmas, dokter umum/gigi, penanggung jawab bidang esensial, pasien dan masyarakat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program promotif preventif di puskesmas Antang Perumnas belum maksimal, hal tersebut dilihat dari tingginya angka sakit dan angka rujukan di puskesmas, pelaksanaan kegiatan yang belum mencapai target, kurangnya ketersediaan sarana, prasarana dan peralatan yang digunakan untuk kegiatan promotif preventif, kurangnya bimbingan terhadap penggunaan alat-alat dan kurangnya pengetahuan tenaga terkait kebijakan, dan kendala kurangnya kesadaran serta partisipasi masyarakat terhadap kegiatan promotif preventif sehingga masyarakat cenderung tidak aktif dalam kegiatan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan promotif preventif di Puskesmas Antang perumnas belum maksimal dan diharapakan pemerintah terkait dapat meningkatkan kualitas, sarana, prasarana dan peralatan. diharapkan kepala puskesmas agar mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan kerja sama dengan lintas sektor.

Published
2021-11-29
How to Cite
Hayatun Nufus, Nurmiati Muchlis, & Muh. Ikhtiar. (2021). Kinerja Program Promotif Preventif Berdasarkan Pendekatan Manajemen Di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar Tahun 2021. Jurnal Mitrasehat, 11(2), 183-196. https://doi.org/10.51171/jms.v11i2.296