Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 Di RSKD Dadi

  • Melawati Hawi Universitas Muslim Indonesia
  • Suharni A. Fachrin Universitas Muslim Indonesia
  • Alfina Baharuddin Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Alat Pelindung Diri, Pengetahuan, Kecemasan, Tenaga Kesehatan

Abstract

Tenaga kesehatan, khususnya dokter dan perawat dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan penanganan, pencegahan, dan perawatan pasien Covid-19 merupakan kelompok yang paling berisiko tertular Covid-19, selama menjalankan aktivitasnya di fasilitas pelayanan kesehatan telah mengalami kecemasan karena disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah alat pelindung diri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kecemasan tenaga kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19 di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi.

Jenis penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan cross- sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah tenaga kesehatan pada ruang IGD, Ruang ICU dan ruang Gelatik yang berjumlah 56 orang. Pengumpulan data melalui kuesioner. Data dianalisis dengan uji chi square dengan convidence interval (CI) 95% dan α<0,05.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara usia dengan kecemasan diperoleh nilai (p=0,035); ada hubungan antara keadaan fisik dengan kecemasan diperolen nilai (p=0,026); ada hubungan antara alat pelindung diri dengan kecemasan diperoleh nilai (p=0,00); ada hubungan antara pengetahuan dengan kecemasan diperoleh nilai (p=0,00); berhubungan secara signifikan terhadap kecemasan tenaga kesehatan di RSKD Dadi.

Kesimpulan penelitian bahwa secara keseluruhan semua factor- faktor dalam penelitian ini juga terdapat hubungan, tetapi factor yang sangat signifikkan berhubungan yaitu alat pelindung diri dan pengetahuan terhadap kecemasan tenaga Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19

Published
2021-11-21
How to Cite
Melawati Hawi, Suharni A. Fachrin, & Alfina Baharuddin. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 Di RSKD Dadi. Jurnal Mitrasehat, 11(2), 171-182. https://doi.org/10.51171/jms.v11i2.297