ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR
Abstract
Kepuasan pasien menjadi salah satu tolok ukur untuk menilai layanan profesional dari suatu rumah sakit, Kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, jika pelayanan yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan atau harapan pasien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional studi dengan jumlah sampel 208 pasien dengan teknik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan chi square dan uji regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kehandalan (reliability p= 0.000), jaminan (assurance p= 0.000), bukti fisik (tangibles p= 0.010), day tanggap (responsiveness p= 0.000), perhatian (empathy p= 0.001), kenyamanan (amenities p= 0.001), dan keamanan (security p= 0.000), dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa keamanan (security) adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Diharapkan pelayanan kesehatan dapat dipertahankan dan dioptimalkan agar kepuasan pasien dapat meningkat.
Penelitian ini menyarankan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar agar tetap mempertahankan pelayanan yang diberikan guna untuk mendapatkan kepuasan yang optimal kepada seluruh pasien yang menjalankan perawatan di Ruang rawat Inap Rumah Sakit Labuang Baji Makassar.