GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LAYANG KOTA MAKASSAR

  • Muh. Ayub Amin Institut Teknologi dan Kesehatan Tri Tunas Nasional
  • Ramlawati Institut Teknologi dan Kesehatan Permata Ilmu Maros
  • Fauziah Novianty Institut Teknologi dan Kesehatan Permata Ilmu Maros
Keywords: Mutu pelayanan, Bukti fisik, Keandalan, Daya tanggap

Abstract

Latar belakang: Masyarakat atau pasien melihat pelayanan kesehatan yang bermutu sebagai suatu pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan yang dirasakannya dan diselenggarakan dengan cara yang sopan dan santun, tepat waktu, tanggap dan mampu menyembuhkan keluhannya serta mencegah berkembangnya atau meluasnya penyakit.

Tujuan: Untuk menggambarkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Layang Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 90 responden yaitu pasien yang telah diberikan pelayanan di Puskesmas Layang dan ditarik dengan teknik purposive sampling.

Hasil: penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik (62,2%), keandalan (61,1%), daya tanggap (66,7%) yang menunjukkan bahwa mutu pelayanan kesehatan sudah sesuai dengan harapan pasien.

Kesimpulan: Mutu pelayanan kesehatan Puskesmas Layang sudah sesuai dengan semua variabel penelitian dalam kategori cukup disarankan kepada pihak Puskesmas Layang untuk mempertahankan mutu pelayanan kesehatan yang telah diberikan kepada masyarakat.

Published
2023-05-31
How to Cite
Muh. Ayub Amin, Ramlawati, & Fauziah Novianty. (2023). GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS LAYANG KOTA MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 13(1), 346-351. https://doi.org/10.51171/jms.v13i1.399