HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP KEPATUHAN IBU HAMILDALAM MENGKONSUMSI TABLET FE DI PUSKESMAS BARA-BARAYA

  • Hasiba Program Studi D3 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Satiani Dalle Program Studi S1 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Sudin Program Studi D3 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Pengetahuan, Dukungan suami, Kunjungan ANC, Kepatuhan

Abstract

Latar belakang: Anemia yang terjadi pada ibu hamil dapat mengakibatkan risiko Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), kelahiran   prematur, bayi kecil untuk usia kehamilan Anemia yang terjadi pada ibu hamil dapat dicegah dan ditanggulangi dengan program Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD). Tablet Tambah Darah TTD diberikan kepada ibu hamil dan wanita usia subur. Selama masa kehamilan ibu hamil setidaknya diberikan tablet tambah darah 90 tablet.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan kepatuhan suami terhadap kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet FE

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dengan jumlah 30 sampel yang di kumpulkan secara Teknik simple random sampling dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Hasil: penelitian didapatkan tidak ada hubungan pengetahuan terhadap kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet FE (p=0,125). Tidak ada hubungan dukungan suami/keluarga terhadap kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet FE (p=0.424). Ada hubunghan jumlah kunjungan ANC terhadap kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet FE (P=0,000).

Kesimpulan: hubungan jumlah kunjungan ANC merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap ketidakpatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet FE (P=0,000).

Published
2023-11-30
How to Cite
Hasiba, Satiani Dalle, & Sudin. (2023). HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP KEPATUHAN IBU HAMILDALAM MENGKONSUMSI TABLET FE DI PUSKESMAS BARA-BARAYA. Jurnal Mitrasehat, 13(2), 490-496. https://doi.org/10.51171/jms.v13i2.425