ANALISIS LAMANYA PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMON PROGESTIN DENGAN KEMBALINYA KESUBURAN PADA POST AKSEPTOR MAKASSAR

  • Sudin Program Studi Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Hasiba Program Studi D3 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Satiani Dalle Program Studi Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Suntikan Kontrasepsi, Kembalinya Kesuburan, Pasca Akseptor

Abstract

Latar belakang: Suntikan KB merupakan salah satu cara mencegah kehamilan melalui suntikan hormonal yang diberikan secara intramuskular pada area bokong. Salah satu jenis alat kontrasepsi suntik adalah suntik depo progesteron. Alat kontrasepsi jenis ini memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah terlambatnya kembalinya kesuburan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah alat kontrasepsi suntik yang digunakan di seluruh dunia adalah 4.000.000 atau sekitar 45%. Alat kontrasepsi suntik yang paling banyak digunakan adalah Depo Medroxy Progesterone Acetate (DMPA) dan alat kontrasepsi suntik kombinasi.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan Alat Kontrasepsi Suntik Depo Progestin dengan kembalinya kesuburan pada post akseptor di Puskesmas Kassi-kassi Makassar.

Metode: Metode penelitian ini adalah observasional dengan menggunakan desain studi cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 ibu hamil akseptor suntik depo progestin.

Hasil: Analisis data dengan uji T-independen. Hasil uji statistik diperoleh nilai P Value = 0,033.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara durasi penggunaan KB suntik depo progestin dengan kembalinya kesuburan pada post akseptor di Puskesmas Kassi-Kassi Makassar.

Published
2024-05-31
How to Cite
Sudin, Hasiba, & Satiani Dalle. (2024). ANALISIS LAMANYA PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMON PROGESTIN DENGAN KEMBALINYA KESUBURAN PADA POST AKSEPTOR MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 14(1), 563-567. https://doi.org/10.51171/jms.v14i1.445