FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KEPATUHAN BEROBAT PADA PENDERITA TB PARU DI PUSKESMAS WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI

  • Mohammad Basri Universitas Indonesia Timur
Keywords: TB Paru, Kepatuhan berobat, Lama pengobatan

Abstract

Latar belakang: WHO memperkirakan 2 juta jiwa meninggal tiap tahun dari tahun 2012 sampai 2025, Kecepatan penyebaran TBC bisa meningkat lagi sesuai dengan peningkatan penyebaran HIV/AIDS dan munculnya bakteri TB paru yang resisten terhadap obat. Selain itu migrasi manusia juga mempercepat penyebaran TB paru. Di Amerika Serikat, hampir 40 persen dari penderita TBC adalah orang yang lahir di luar negeri. Mereka imigrasi ke Amerika dan menjadi sumber penyebaran TB paru. Begitu juga dengan meningkatnya jumlah pengungsi akibat perang dengan lingkungan yang tidak sehat sehingga memudahkan penyebaran TB paru.

Tujuan: untuk menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap perilaku kepatuhan berobat penderita TB Paru.

Metode: penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional studi.

Hasil: ada hubungan efek samping obat, lama pengobatan, sikap petugas dan pengetahuan dengan kepatuhan berobat penderita TB Paru di Puskesmas Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi.

Kesimpulan: perlunya penjelasan efek samping obat, khususnya bagi mereka yang mengalami efek samping obat agar tidak menghentikan proses pengobatannya.

Published
2023-11-30
How to Cite
Mohammad Basri. (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KEPATUHAN BEROBAT PADA PENDERITA TB PARU DI PUSKESMAS WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI. Jurnal Mitrasehat, 13(2), 511-519. https://doi.org/10.51171/jms.v13i2.430