FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BAYI PREMATUR

  • Ermawati Program Studi Kebidanan, Universitas Andi Sudirman, Bone-Sulawesi Selatan
  • Susilawati Program Studi Kebidanan, Universitas Andi Sudirman, Bone-Sulawesi Selatan
  • Sriwidyastuti Program Studi Kebidanan, Universitas Andi Sudirman, Bone-Sulawesi Selatan
  • Sumarni Program Studi Kebidanan, Universitas Andi Sudirman, Bone-Sulawesi Selatan
Keywords: Umur, Paritas, Prematur

Abstract

Latar belakang: Bayi prematur merupakan masalah penting dan harus ditangani secara terus-menerus dan terarah, khususnya dalam bidang perinatologi. Kelahiran prematur merupakan penyebab utama kematian neonatal dan penyebab utama kedua kematian setelah pneumonia pada anak dibawah lima tahun. Angka Kematian Bayi merupakan salah satu indikator untuk mengetahui derajat kesehatan disuatu negara seluruh dunia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungan dengan kejadian bayi premature di BLUD Tenriawaru Kab. Bone.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik penarikan sampel dengan cara total sampling sebanyak 83 bayi yang lahir prematur. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan uji Chi Square.

Hasil: Analisis hubungan umur ibu dengan kejadian bayi lahir prematur menunjukkan bahwa angka kejadian bayi lahir premature lebih tinggi pada ibu dengan kategori umur resiko tinggi mencapai 82% dibandingkan dengan ibu dengan kategori umur resiko rendah yaitu 18%, dimana hasil uji chi square didapatkan nilai p = 0,002. Sedangkan analisis hubungan paritas dengan kejadian bayi lahir premature memperlihatkan bahwa ibu dengan paritas resiko tinggi lebih banyak mengalami kelahiran premature yaitu 68%, bila dibandingkan dengan ibu dengan paritas resiko rendah hanya 32%, dimana hasil uji chi square p = 0,000.

Kesimpulan: Dengan demikian, ada hubungan yang bermakna antara usia ibu dengan kejadian bayi premature, dan juga ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan kejadian bayi premature.

Published
2024-05-31
How to Cite
Ermawati, Susilawati, Sriwidyastuti, & Sumarni. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BAYI PREMATUR. Jurnal Mitrasehat, 14(1), 544-548. https://doi.org/10.51171/jms.v14i1.441