HUBUNGAN POLA MAKAN, AKTIFITAS FISIK DAN USIA TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT GOUT ARTHTRITIS PADA LANSIA

  • Putri Yayu Kebidanan, Akbid Harapan Bunda Bima
  • Jumriani Kebidanan, Akbid Harapan Bunda Bima
Keywords: Makan, Aktifitas, Usia, Lansia, Asam Urat

Abstract

Latar belakang: Asam urat merupakan hasil metabolisme didalam tubuh yang kadarnya tidak boleh berlebih, setiap individu memiliki asam urat didalam tubuh, karena pada setiap metabolisme yang normal akan dihasilkan asam urat. Pola makan yang tidak baik atau tidak teratur seperti mengkonsumsi makanan cepat saji, minuman beralkohol, terlebih lagi yang mengandung purin tinggi secara berlebihan dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam darah. Peningkatan prevalensi diikuti dengan meningkatnya usia, khususnya pada laki-laki. Sekitar 90% pasien gout primer adalah laki-laki yang umumnya yang berusia lebih dari 30 tahun, sementara gout pada wanita umumnya terjadi setelah menopause. Aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang erat kaitanya dengan kadar asam urat dalam darah semakin berat aktivitas yang dilakukan maka semakin tinggi kadar asam urat seseorang.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pola makan, aktifitas fisik, dan usia terhadap kejadian penyakit gout arhtritis pada lansia.

Metode: Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien asam urat yang memeriksakan kesehatan di Puskesmas Tobelo pada tahun 2022 sejumlah 217 populasi. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan sampel yang diambil sejumlah 92 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara.

Hasil: Dari hasil uji chi-square variabel yang berhubungan dengan penyakit asam urat (gout arthtritis) adalah pola makan (p=0,068), aktifitas fisik (p=0,118). Sedangkan variabel yang tidak ada hubungan dengan penyakit asam urat (gout arthtritis) adalah usia (p=0,054).

Kesimpulan: Dari penelitian ini adalah penyakit asam urat (gout arthtritis) memiliki hubungan dengan pola makan dan usia.

Published
2024-05-31
How to Cite
Putri Yayu, & Jumriani. (2024). HUBUNGAN POLA MAKAN, AKTIFITAS FISIK DAN USIA TERHADAP KEJADIAN PENYAKIT GOUT ARTHTRITIS PADA LANSIA. Jurnal Mitrasehat, 14(1), 576-584. https://doi.org/10.51171/jms.v14i1.446