PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN KELAS RAWAT INAP STANDAR DI RSUP TADJUDDIN CHALID MAKASSAR

  • I Nyoman Dharma Wiasa Universitas Mega Resky Makassar
  • Muhammad Basri Universitas Mega Resky Makassar
  • Hairudin K Universitas Mega Resky Makassar
Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, KRIS JKN

Abstract

Latar belakang: Uji coba penerapan Kelas Rawat Inap Standar Jaminan Kesehatan Nasional (KRIS JKN) telah dilakukan tahun 2022 di RSUP Tadjuddin Chalid. Uji coba ini dilaksanakan di empat rumah sakit utama, yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Salah satu indikator keberhasilan implementasi kebijakan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid adalah kepuasan pasien.

Tujuan: Menganalisa Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Implementasi Kelas Rawat Inap Standar di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar.

Metode: Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100 orang sample, data diolah dengan T Test dan analisa koefesien determinasi.

Hasil: kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien pada implementasi kelas rawat inap standar di RSUP Tadjuddin Chalid Makassar dengan p value 0,000 dan koefesien sebesar 47,8%.

Kesimpulan: kualitas pelayanan berpengarus terhadap kepuasan pasien dengan kefesien sebesar 47,8%, sisanya sebesar 52,2 % dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Published
2025-05-20
How to Cite
I Nyoman Dharma Wiasa, Muhammad Basri, & Hairudin K. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN KELAS RAWAT INAP STANDAR DI RSUP TADJUDDIN CHALID MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 15(2), 973-980. https://doi.org/10.51171/jms.v15i2.527