PENGARUH EDUKASI TEKNIK HEMLICH MANUVER TERHADAP PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK PADA ANAK DI POSYANDU

  • Endah Tri Wulandari Program Studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan/Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Wawan Febri Ramdhani Program Studi Ilmu Keperawatan/Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Keywords: Anak, Hemlich Maneuver, Tersedak

Abstract

Latar belakang: Tersedak sebagai kondisi yang membahayakan karena menyebabkan hipoksia general banyak terjadi pada anak – anak. Data dari United States didapatkan 255 anak mengalami kematian akibat tersedak makanan dan benda asing. Helmich manuver merupakan bantuan hidup dasar yang mudah dan cepat untuk bisa menangani kasus tersedak.

Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi teknik hemlich manuver terhadap pengetahuan pertolongan pertama tersedak pada anak di posyandu anak Temuwuh Lor, Gamping, Sleman.

Metode: Penelitian yang akan dilaksanakan peneliti menggunakan desain pre-experimental dengan desain One Group Pre-test-post-test Design. Sampel penelitian berjumlah 30 orang tua atau wali balita. Sampel akan diukur pre-test tentang pengetahuan pertolongan pertama tersedak selanjutnya diberikan intervensi dan setelah intervensi, responden diberikan posttest dengan menggunakan kuisoner pengetahuan pertolongan pertama tersedak.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat  pengetahuan ibu tentang pertolongan pertama tersedak pada anak sebelum diberikan edukasi hemlich maneuver menunjukkan sebanyak 29 responden (96,6%) memiliki pengetahuan yang baik, hanya terdapat 1 responden (3,4%) yang memiliki pengetahuan kurang. Setelah diberikan edukasi, tingkat pengetahuan sebanyak 30 responden (100%) memiliki pengetahuan baik.

Kesimpulan: Hasil perhitungan Wilcoxon Test diperoleh hasil p value = 0,001 (p value < 0,05), sehingga hal tersebut menunjukkan hasil terdapat pengaruh pemberian edukasi heimlich maneuver dalam menangani kejadian tersedak pada anak.

References

Abdullat, E. M., Ader-Rahman, H. A., Al Ali, R., & Hudaib, A. A. (2015). Choking among infants and young children. Jordan Journal of Biological Sciences, 8(3), 205–209. https://doi.org/10.12816/0026959
Adinegara, M. R., & Razi, A. A. F. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Dengan Teknik Resusitasi Jantung Paru : Literature Review. Borneo Student Research, 3(3), 2399–2415.
Alajjuri, M. A., Eltabbakh, M., Oudih, M. I. Y., Ali AlKetbi, A. S., Abou Ali, H. M., Alhajeri, L., Hussein, A., & Karim, A. (2023). Prevalence of Choking and Awareness about Its Proper Management among the Residents of the United Arab Emirates: Cross-sectional Study. Universal Journal of Public Health, 11(4), 377–385. https://doi.org/10.13189/ujph.2023.110401
Alshehri, Alharbi, Yaghmoor, Salman, Alaydarous, Abdalwassie, Mosli, & Marzouki. (2019). Awareness of the first aid management of foreign body aspiration among students: A cross‑sectional study. Juny, 1–6. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp
American Academy of Pediatrics. (2010). Policy Statement—Prevention of Choking Among Children.
Bentivegna, K. C., Borrup, K. T., Clough, M. E., & Schoem, S. R. (2018). Basic choking education to improve parental knowledge. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 113(May), 234–239. https://doi.org/10.1016/j.ijporl.2018.08.002
IDAI. (2017). Yang Harus Dilakukan jika Anak Tersedak. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/yang-harus-dilakukan-jika-anak-tersedak
Karyś, J., Jędrasik, M., Karyś, T., & Rębak, D. (2016). Mothers’ knowledge of administration of first aid to preschoolers in choking incidents. Archives of Physiotherapy & Global Researches, 20(4), 23–29. https://nebulosa.icesi.edu.co/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=asn&AN=123558378&%0Alang=es&site=eds-live&scope=site
Kumbaran. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode DemonsPengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pertolongan Pertama Tersedak Pada Anak Usia Dini di TK Cahaya Ummi 2trasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pertolo. In Kementerian Kesehatan Poltekkes Padang.
Nuraidah, & Novianty, T. (2022). Pengaruh Edukasi Penanganan Tersedak Pada Anak Usia di Bawah Lima Tahun (Balita) Terhadap Pengetahuan Orang Tua. Jurnal Ilmiah Wijaya, 14, 2723–3448. www.jurnalwijaya.com;
Saccomanno, S., Saran, S., Coceani Paskay, L., De Luca, M., Tricerri, A., Mafucci Orlandini, S., Greco, F., & Messina, G. (2023). Risk factors and prevention of choking. European Journal of Translational Myology, 33(4). https://doi.org/10.4081/ejtm.2023.11471
Siahaan, E. R. (2019). Hubungan Pengetahuan Heimlich Manuver Pada Ibu Dengan Keterampilan Penanganan Anak Toddler Yang Mengalami Chocking. Jurnal Skolastik Keperawatan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.35974/jsk.v5i2.2212
Singam, G. C. P. A. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa D-IV Keperawatan Anestesiologi Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Itekes Bali. 1–50.
Triwidiyantari. (2023). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tersedak Dengan Penanganan Pertama Tersedak Pada Anak Usia Dini Di Desa Jayamekar Dyah Triwidiyantari STIKes Dharma Husada. Jurnal Kesehatan Tradisional, 1(1).
Published
2025-08-09
How to Cite
Endah Tri Wulandari, & Wawan Febri Ramdhani. (2025). PENGARUH EDUKASI TEKNIK HEMLICH MANUVER TERHADAP PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK PADA ANAK DI POSYANDU. Jurnal Mitrasehat, 15(3), 987-992. https://doi.org/10.51171/jms.v15i3.600