PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP MINAT KEMBALI PASIEN NON ASURANSI DI POLI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DAYA KOTA MAKASSAR
Abstract
Pemasaran adalah upaya menyinergikan sejumlah kegiatan, yaitu perancangan
pelayanan, penetapan tarif/harga, komunikasi atau promosi, dan penyediaan tempat untuk
penyelenggaraan pelayanan, dalam satu perangkat yang disebut bauran pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap minat
kembali pasien non asuransi rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daya Kota Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survei Analitik dengan
rancangan Cross Sectional Study populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan
kunjungan berulang sebanyak 170 pasien dengan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu
119 pasien. Penelitian ini diolah menggunakan program Komputerisasi SPSS. Dengan
analisis data yang digunakan adalah analisis, univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada pengaruh produk dengan nilai p=0,000,
tidak ada pengaruh price dengan nilai p=0,199, ada pengaruh process dengan nilai p=0,012,
ada pengaruh people dengan nilai p=0,023, ada pengaruh physical evidence dengan nilai
p=0,007, tidak ada pengeruh place dengan nilai p=0,830, tidak ada pengaruh promotion
dengan nilai p=0,566, tidak ada pengaruh public relation dengan nilai p=0,172, ada pengaruh
pressure dengan nilai p=0,012, tidak ada pengaruh professional dengan nilai p=0,567 dengan
minat kembali pasien.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara produk, process, people,
physical evidence, dan pressure terhadap minat kembali pasien sedangkan price, place,
promotion, public relation, dan professional tidak berpengaruh terhadap minat kembali pasien,
peneliti menyarankan untuk memperhatikan produk, physical evidence, process, dan pressure
sebagai variabel yang paling berpengaruh.