HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA DENGAN PEMERIKSAAN PAP SMEAR DI RSKD IBU DAN ANAK SITI FATIMAH MAKASSAR

  • Nur Apriani MS Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Andi Tilka Muftiah Ridjal Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

Abstract

Menurut WHO (2011), Kanker serviks merupakan salah satu masalah kesehatan terkemuka perempuan di seluruh dunia dengan perkiraan 529.409 kasus baru dan sekitar delapan puluh enam persen (86%) di negara-negara berkembang. Di Indonesia diperkirakan setiap hari muncul 40-45 kasus baru, 20-25 orang meninggal berarti setiap 1 jam diperkirakan 1 perempuan meninggal dunia karena kanker serviks. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap wanita dengan pemeriksaan pap smear di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik. Populasi adalah wanita yang datang memeriksakan diri di poli KB RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar. Sampel yang diteliti 39 orang menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian mulai tanggal 07 Maret s/d 07 April 2016. Data dikumpulkan dengan kuesioner kemudian dilakukan analisa statistik menggunakan uji chi square dengan uji alternatif fisher’s exact test dengan tingkat kemaknaan  < 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden dengan pengetahuan kurang yaitu 29 orang (74,4%). Berdasarkan sikap, sebagian besar responden dengan sikap negatif yaitu 32 orang (82,1%), dan sebagian besar tidak melaukan pap smear yaitu 27 orang (69,2%). Hasil uji fisher’s exact test diperoleh nilai p = 0,004 < 0,05 , dan p = 0,002 < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan wanita dengan pemeriksaan pap smear, dan ada hubungan sikap wanita dengan pemeriksaan pap smear. Disarankan kepada tenaga kesehatan mengingat masih rendahnya perilaku masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan pap smear perlu dilakukan beberapa langkah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan pap smear.

Published
2017-11-30
How to Cite
Nur Apriani MS, & Andi Tilka Muftiah Ridjal. (2017). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA DENGAN PEMERIKSAAN PAP SMEAR DI RSKD IBU DAN ANAK SITI FATIMAH MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 7(2). https://doi.org/10.51171/jms.v7i2.227