Penerapan Teknik Relaksasi Nafas Dalam dan Batuk Efektif untuk Kepatenan Jalan Nafas pada Pasien Tuberculosis Paru Dalam Pemenuhan Kebutuhan Oksigenasi

  • Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Batuk Efektif, Nafas Dalam, Oksigenasi, Tuberkulosis, Ventilasi

Abstract

Pada tahun 2019, sekitaran 10 juta jiwa orang terjatuh sakit dengan tuberkulosis paru (TB Paru) di seluruh dunia. 5,6 juta pria, 3,2 juta wanita dan 1,2 juta anak-anak. Meskipun dapat disembuhkan dan dicegah, namun estimasi kasus tuberculosis paru di Indonesia sekitar 845,000 dengan angka kematian 13,947. Pada tahun 2000-2019 mengalami peningkatan dan pada tahun 2020 mengalami penurunan dengan angka 344,992. Tuberkulosis paru dapat mempengaruhi kualitas hidup pasien, karena mengganggu kebutuhan oksigenasi akibat hipersekresi mukus.  Teknik relaksasi nafas dalam dan batuk efektif merupakan suatu metode latihan batuk dengan benar, karena menghemat energi, sehingga tidak mudah lelah dan dapat mengeluarkan dahak secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan teknik relaksasi nafas dalam dan batuk efektiff pada pasien tuberkulosis paru untuk mempertahankan kepatenan jalan nafas dalam pemenuhan kebutuhan oksigenasi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan temuan sebelum dan sesudah tindakan teknik relaksasi nafas dalam dan batuk efektif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya data gangguan patensi jalan nafas yaitu pasien batuk berdahak, sputum mucopurulent hingga purulent,, frekuensi nafas 26x/menit, irama nafas irregular dan suara nafas ronkhi.

Teknik relaksasi nafas dalam dan batuk efektif dapat meningkatkan pengeluaran sputum, menurunkan frekuensi nafas, suara nafas hilang dan irama nafas reguler. Namun, patensi jalan nafas pasien dipengaruhi oleh intake cairan pasien, penggunaan obat anti TB (OAT) dan kebiasaan merokok.

Published
2022-06-26
How to Cite
Rahmawati. (2022). Penerapan Teknik Relaksasi Nafas Dalam dan Batuk Efektif untuk Kepatenan Jalan Nafas pada Pasien Tuberculosis Paru Dalam Pemenuhan Kebutuhan Oksigenasi. Jurnal Mitrasehat, 12(1), 98-108. https://doi.org/10.51171/jms.v12i1.316

Most read articles by the same author(s)