PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA (WORK FAMILY CONFLICT) DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT WANITA DI RUMAH SAKIT ISLAM FAISAL KOTA MAKASSAR

  • Arlia Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI)
  • Devianti Tandiallo STIKes Datu Kamanre
  • Miftahul Jannah STIKes Datu Kamanre
  • Mulidia Puspitasari STIKes Datu Kamanre
Keywords: Konflik peran, Beban kerja, Stres kerja, Kinerja perawat

Abstract

Latar belakang: Work Family Conflict merupakan salah satu konflik yang sering terjadi dikalangan perawat terutama perawat yang sudah menikah. Seorang perawat harus membagi waktu untuk urusan pekerjaan dan rumah tangga. Jika work family conflict tidak bisa dihindari, maka dapat menyebabkan perawat stress dan kinerja mereka menurun. Kinerja yang maksimal sangat dibutuhkan dalam pekerjaan sebagai seorang perawat.

Tujuan: untuk menganalisis pengaruh pengaruh konflik peran ganda (work family conflict) dan beban kerja terhadap kinerja perawat wanitadi Rumah Sakit Islam Faisal Kota Makassar.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis observasional analitik dengan desain cross sectional study. Jumlah sampel sebanyak 47 responden dengan teknik total sampling dengan kriteria wanita perawat yang sudah menikah dan memiliki anak. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan menggunakan path analysis sebagai teknik analisis data.

Hasil: penelitian dengan uji analisis path menunjukkan konflik peran berpengaruh langsung terhadap stres. Beban kerja tidak berpengaruh langsung terhadap stres kerja. Konflik peran berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja perawat. Beban kerja tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja perawat, tapi berpengaruh tidak langsung ketika melalui stres kerja sebagai variabel intervening.

Kesimpulan: bahwa konflik peran dan beban kerja berpengaruh terhadap kinerja perawat setelah melalui variabel stress kerja. Oleh karena itu, diharapkan perawat bisa mengelola konflik peran keluarga dan stress kerja agar dapat menghasilkan kinerja yang maksimal.

 
Published
2023-05-31
How to Cite
Arlia, Devianti Tandiallo, Miftahul Jannah, & Mulidia Puspitasari. (2023). PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA (WORK FAMILY CONFLICT) DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT WANITA DI RUMAH SAKIT ISLAM FAISAL KOTA MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 13(1), 372-383. https://doi.org/10.51171/jms.v13i1.404