PENERAPAN BILLING E-HOSPITAL SYSTEM DI RSUD LAMADDUKELLENG SENGKANG KABUPATEN WAJO TAHUN 2018

  • Mulidiah Puspitasari Universitas Sipatokkong Mamba
  • Fitriani Abdal STIKes Datu Kamanre
  • Jumriana Ibriani STIKes Datu Kamanre
  • Arlia STIKes Datu Kamanre
Keywords: Billing e-hospital system, Transparansi, Kerangka PIECES

Abstract

Latar belakang: Penerapan pelayanan e-hospital di RSUD Lamaddukelleng Sengkang bekerja sama dengan BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang pelayanannya terintegrasi antara rumah sakit dan Bank BRI guna memudahkan pasien melakukan pembayaran tagihan rumah sakit secara online. Manfaat layanan tersebut adalah mendorong akuntabilitas dan transparansi pengeloalaan keuangan.

Tujuan: untuk menggali informasi mendalam mengenai penerapan billing e-hospital system di RSUD Lamaddukelleng Sengkang melalui kerangka PIECES, aspek kinerja, informasi, ekonomi, keamanan, effektifitas, dan pelayanan.

Metode:  kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 9 informan biasa dan 1 informan kunci, dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2018.

Hasil: penelitian menunjukkan pada aspek kinerja, pengguna merasakan loading system yang lambat, sering mati listrik serta error yang sering terjadi pada komputer. Aspek informasi, hambatan yang dirasakan oleh pengguna adalah keterlambatan pelaporan data pada bagian keuangan. Aspek ekonomi, penerapan billing system mampu mengendalikan biaya atau meningkatkan keuntungan rumah sakit. Aspek keamanan sudah memberikan manfaat bagi pengguna khususnya dalam hal pengawasan untuk mengatasi penggelapan, demi menjamin keakuratan, keamanan data dan informasi. Aspek efisiensi, dalam hal menilai penggunaan sumber daya secara maksimum, baik operator billing dan staf front liner BRI yang telah diberikan pelatihan. Aspek pelayanan, pengguna merasakan kemudahan penggunaan namun perlu dilakukan pengembangan inovasi selanjutnya.

Kesimpulan: menunjukkan pada aspek ekonomi, keamanan, efisiensi dan pelayanan sudah baik dalam penerapannya, meski pada aspek kinerja sistem dan aspek informasi masih mengalami kendala (jaringan error) dan pelaporan data keuangan masih belum terealisasi  dengan baik. Diperlukan software pendukung untuk menghubungkan billing e-hospital system dengan bagian keuangan agar dapat mengakomodir kebutuhan informasi bagian keuangan rumah sakit.

Published
2023-05-31
How to Cite
Mulidiah Puspitasari, Fitriani Abdal, Jumriana Ibriani, & Arlia. (2023). PENERAPAN BILLING E-HOSPITAL SYSTEM DI RSUD LAMADDUKELLENG SENGKANG KABUPATEN WAJO TAHUN 2018. Jurnal Mitrasehat, 13(1), 393-404. https://doi.org/10.51171/jms.v13i1.406