IMPLEMENTASI TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM DAN BATUK EFEKTIF DENGAN MASALAH KEPERAWATAN BERSIHAN JALAN NAFAS TIDAK EFEKTIF PADA PASIEN TUBERCULOSIS PARU

  • Abdul Herman Syah Thalib Akademi Keperawatan Makassar
  • Yantimala Program Studi D-III Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Annisa Nurul Ramadani Program Studi D-III Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Teknik Relaksasi Nafas dalam, Batuk Efektif, Bersihan Jalan Nafas Tidak Efektif, Tuberculosis Paru

Abstract

Pendahuluan: Tingginya prevalensi Tuberculosis paru mengakibatkan buruknya kesehatan pada jutaan orang di seluruh dunia. Untuk menurunkan angka kejadian dan kematian TB paru, maka diperlukan penatalaksanaan yang tepat. Salah satu teknik non farmakologis yang dapat memperbaiki penyumbatan jalan napas yaitu dengan menerapkan teknik relaksasi dan batuk efektif.

Tujuan: Mengetahui gambaran implementasi tehnik relaksasi nafas dalam dan batuk efektif dengan masalah keperawatan bersihan jalan nafas tidak efektif pada pasien tuberculosis paru.

Metode: studi kasus dengan subyek yang memenuhi kriteria inklusi maupun ekslusi.  

Hasil: Menunjukkan bahwa responden pada Tn”D”setelah implementasi tehnik relaksasi nafas dalam dan batuk efektif, dapat  mengatasi ketidakefektifan bersihan jalan nafas pada pasien dengan tuberculosis paru”.

Kesimpulan: tehnik relaksasi nafas dalam dan batuk efektif dapat mengatasi masalah keperawatan bersihan jalan nafas tidak efektif pada pasien dengan tuberkulosis paru.

Published
2023-11-30
How to Cite
Thalib, A. H. S., Yantimala, & Annisa Nurul Ramadani. (2023). IMPLEMENTASI TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM DAN BATUK EFEKTIF DENGAN MASALAH KEPERAWATAN BERSIHAN JALAN NAFAS TIDAK EFEKTIF PADA PASIEN TUBERCULOSIS PARU. Jurnal Mitrasehat, 13(2), 462-468. https://doi.org/10.51171/jms.v13i2.414