IMPLEMENTASI TERAPI OKSIGENASI MENGGUNAKAN NON REBREATHING MASK ( NRM) TERHADAP KADAR SATURASI OKSIGEN PADA PASIEN DENGAN CEDERA KEPALA DI RS.TK.II PELAMONIA MAKASSAR

  • Abdul Herman Syah Thalib Akademi Keperawatan Makassar
  • Nurbaiti Program Studi D-III Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Sitti Hafifa Program Studi D-III Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Terapi oksigenasi, Non rebreathing mask, Saturasi oksigen, Cedera kepala

Abstract

Latar Belakang: Cedera kepala menyebabkan kerusakan otak yang menjadi penyebab terjadinya kecacatan dan menghasilkan masalah fisik, intelektual sosial, psikososial dan ekonomi yang sangat besar. WHO pada tahun 2016 melaporkan bahwa ada 96 juta orang pertahun di dunia mengalami kasus cedera kepala akibat dari kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi di Negara berkembang. Kejadian cedera kepala di dunia di perkirakan sudah mencapai 500.000 kasus. Prevalensi cedera kepala kecelakaan lalu lintas di Asia Tenggara sebanyak 7500 kasus pada tahun 2017. Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) pada tahun 2018 prevalensi kasus cedera kepala di Indonesia sebanyak 11.064 kasus dengan prevalensi tertinggi di temukan di Sulawesi selatan (12,8%). Dampak pada cedera kepala menyebabkan ketidakstabilan oksigen di jaringan tubuh dan otak. Olehnya itu diperlukan terapi oksigen untuk memperbaiki hipoksia pada jaringan. Salah satu terapi oksigen yang adekuat dengan menggunakan Non-Rebreathing Mask (NRM) sebagai alat pemenuhan kebutuhan oksigen didalam tubuh pasien cedera kepala sedang.

Tujuan: Mengetahui gambaran terapi oksigen terhadap perubahan kadar saturasi oksigen pada pasien dengan cedera kepala.

Metode: Studi kasus ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif.

Hasil: hasil analisa data ditemukan bahwa sebelum dilakukan pemberian terapi oksigen menggunakan NRM jumlah saturasinya yaitu 82% dan setelah pemberian terapi oksigen menggunakan NRM hasil saturasi oksigen meningkat menjadi 93%.

Kesimpulan: penerapan implementasi terapi oksigenasi menggunakan non rebreathing mask terhadap perubahan saturasi oksigen pada pasien cedera kepala sedang dapat meningkatkan kadar saturasi oksigen.

Published
2023-11-30
How to Cite
Thalib, A. H. S., Nurbaiti, & Sitti Hafifa. (2023). IMPLEMENTASI TERAPI OKSIGENASI MENGGUNAKAN NON REBREATHING MASK ( NRM) TERHADAP KADAR SATURASI OKSIGEN PADA PASIEN DENGAN CEDERA KEPALA DI RS.TK.II PELAMONIA MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 13(2), 469-476. https://doi.org/10.51171/jms.v13i2.415