EVALUASI PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN OLEH MAHASISWA VOKASI KEPERAWATAN BERDASARKAN IMPLEMENTASI 3S (SDKI, SLKI, SIKI)

  • Andi Bintang Program Studi D-III Keperawatan, Fakultas Sains dan Kesehatan, Universitas Andi Sudirman
  • Radiah Ilham Program Studi D-III Keperawatan, Fakultas Sains dan Kesehatan, Universitas Andi Sudirman
  • Andi Satriana Program Studi D-III Keperawatan, Fakultas Sains dan Kesehatan, Universitas Andi Sudirman
  • Irfan Madamang Program Studi D-III Keperawatan, Fakultas Sains dan Kesehatan, Universitas Andi Sudirman
Keywords: Asuhan Keperawatan, Dokumentasi, Implementasi

Abstract

Latar belakang: Dokumentasi keperawatan adalah suatu dokumen atau catatan yang berisi data tentang keadaan pasien yang dilihat tidak saja dari tingkat kesakitannya akan tetapi juga dilihat dari jenis, kualitas dan kuantitas dari layanan yang telah diberikan perawat dalam memenuhi kebutuhan. Perawat dalam melakukan dokumentasi keperawatan masi perlu di evaluasi, karena terdapat keragaman dan kesalahan dalam melakukan dokumentasi keperawatan.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan implementasi dokumentasi keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dengan evaluasi penerapan asuhan keperawatan pada mahasiswa vokasi di Universitas Andi Sudirman.

Metode: Desain penelitian ini adalah desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi  penelitian adalah mahasiswa vokasi keperawatan berjumlah 109 mahasiswa dan sampel yang diambil 70 Mahasiswa, dengan menggunakan teknik Simple  random  sampling.

Hasil: Penelitian menunjukkan  bahwa  ada  hubungan  antara  implementasi  dokumentasi  keperawatan  berdasarkan  3S  dengan kemampuan  penerapan asuhan  keperawatan  pada mahasiswa  Vokasi Keperawatan  di Universitas Andi Sudirman dengan signifikasi 0,000 (p<0,05).

Kesimpulan: Dalam meningkatkan kemampuan penerapan dokumentasi asuhan keperawatan berdasarkan 3S, maka dilakukan usaha dalam meningkatkan pengetahuan dokumentasi asuhan keperawatan secara baik dan benar.

Published
2024-05-31
How to Cite
Andi Bintang, Radiah Ilham, Andi Satriana, & Irfan Madamang. (2024). EVALUASI PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN OLEH MAHASISWA VOKASI KEPERAWATAN BERDASARKAN IMPLEMENTASI 3S (SDKI, SLKI, SIKI). Jurnal Mitrasehat, 14(1), 558-562. https://doi.org/10.51171/jms.v14i1.443