HUBUNGAN KESIAPAN PSIKOLOGIS ANAK DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD SUMPANG BILA SOPPENG
Abstract
Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar.Dalam melakukan latihan buang air kecil dan besar pada anak, membutuhkan persiapan baik secara fisik, psikologis maupun secara intelektual. Melalui toilet traininganak akan belajar bagaimana mereka mengendalikan keinginan untuk buang air yang selanjutnya akan menjadikan mereka terbiasa untuk menggunakan toilet (mencerminkan keteraturan) secara mandiri.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kesiapan psikologis anak dengan keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah di PAUD Sumpang Bila Soppeng.
Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 80 populasi dan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara total samplingdimanaseluruhpopulasidijadikansampel.Penelitian ini menggunakan statistik Fisher’s Exact Test dengan α = 0,05.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadahubungankesiapanpsikologisanakdengankeberhasilan toilet training padaanakusiaprasekolah di PAUD SumpangBilaSoppengdengan nilai ρ (0,000) <α (0,05).
Disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk PAUD Sumpang Bila Soppeng untuk menginformasikan kepada orangtua siswa PAUD agar lebih memahami pentingnya toilet training.