PERSEPSI PERAWAT TENTANG KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH POLEWALI MANDAR

  • Munirul Quluub Kasim. P Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI)
  • Reza Aril Ahri Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI)
  • Andi Surahman Batara Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Abstract

Rumah sakit merupakan badan pelayanan kesehatan yang berfokus terhadap
kualitas pelayanan yang diberikan. Kepuasan merupakan salah satu indikator kualitas
pelayanan yang perawat berikan dan menjadi modal untuk mendapatkan pasien lebih banyak
lagi serta mempertahankan kesetiaan dalam menggunakan jasa pelayanan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Persepsi Perawat Tentang Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi analitik.
Populasi dalam penelitian ini diambil dari data jumlah perawat di rumah sakit umum daerah
polewali mandar sebanyak 253 orang perawat, dengan menggunakan rumus Slovin
didapatkan sebanyak 72 sampel. Penelitian ini diolah menggunakan program Komputerisasi
SPSS. Dengan analisis data yang digunakan adalah analisis, univariat, bivariat dan
multivariat.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada pengaruh bukti langsung dengan nilai
p=0,040 (p<0,05), ada pengaruh keandalan dengan nilai p=0,001 (p>0,05), ada pengaruh
daya tanggap dengan nilai p=0,022 (p<0,05), ada pengaruh jaminan dengan nilai p=0,004
(p>0,05), ada pengaruh empati dengan nilai p=0,022 (p<0,05) terhadap persepsi perawat
tentang kualitas pelayanan terhadap kepuasan kerja perawat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bukti langsung, keandalan, daya tanggap,
jaminan dan empati berpengaruh terhadap persepsi perawat tentang kualitas pelayanan
terhadap kepuasan kerja perawat. Saran penelitian manajemen rumah sakit harus lebih
memperhatikan kepuasan para petugas kesehatan khususnya perawat karena kepuasan
perawat adalah salah satu indikator kualitas pelayanan kesehatan.

Published
2018-11-30
How to Cite
Munirul Quluub Kasim. P, Reza Aril Ahri, & Andi Surahman Batara. (2018). PERSEPSI PERAWAT TENTANG KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH POLEWALI MANDAR. Jurnal Mitrasehat, 8(2). https://doi.org/10.51171/jms.v8i2.200