KELELAHAN KERJA PADA OPERATOR CRANE PESAWAT ANGKAT-ANGKUT BARANG PELABUHAN MAKASSAR

  • Andi Tenriola Fitri Kessi
  • Sri Novianti Bahar Program Studi Hiperkes, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Nurfadillah Program Studi Hiperkes, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Beban kerja, Kelelahan kerja, Lama kerja, Masa kerja, Usia kerja

Abstract

Latar belakang: Kelelahan kerja merupakan suatu keadaan yang dialami tenaga kerja dimana penurunan kinerja fisik, adanya perasaan lelah, penurunan motivasi, dan penurunan produktivitas kerja.

Tujuan: Untuk mengetahui kelelahan kerja pada operator crane pesawat angkat-angkut di Pelabuhan Makassar.

Metode: Penelitian ini menggunakan Teknik penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel yang diambil sebanyak 71 dari 150 populasi dengan Teknik penarikan Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner untuk mengetahui kelelahan kerja pada operator crane. Data di analisis dengan analisis univariat dan bivariat.

Hasil: Penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh antara usia kerja (p=0.697), beban kerja (p=0.432), masa kerja (p=1.000).

Kesimpulan: Diharapkan pekerja untuk lebih memperhatikan waktu istirahat dan kemampuan bekerja guna mencegah terjadinya kecelakaan kerja akibat dari kelelahan kerja.

Published
2024-05-31
How to Cite
Andi Tenriola Fitri Kessi, Sri Novianti Bahar, & Nurfadillah. (2024). KELELAHAN KERJA PADA OPERATOR CRANE PESAWAT ANGKAT-ANGKUT BARANG PELABUHAN MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 14(1), 526-536. https://doi.org/10.51171/jms.v14i1.437