GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK, PSIKOSOSIAL, DAN BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK IMAM SYAFI’I
Abstract
Latar belakang: Pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah sangat penting, terutama di usia 5-6 tahun, yang dikenal sebagai masa keemasan. Pada tahun 2018 WHO melaporkan bahwa prevalensi balita yang mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan di dunia adalah 28,7%. Terdapat 525 anak prasekolah mengalami keterlambatan perkembangan di bidang keterampilan motorik kasar, motorik halus, bahasa, perkembangan sosial individu, dan jumlah ini terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Tujuan: untuk menggambarkan perkembangan anak prasekolah di TK Imam Syafi’i dalam aspek motorik, psikososial, dan bahasa.
Metode: penelitian ini adalah penelitiam observasional menggunakan desain deskriptif. Sampel penelitian ini seluruh anak di TK Imam Syafi’i berjumlah 57 anak.
Hasil: Hasil penelitian di TK Imam Syafi'i menunjukkan dari 57 anak sebanyak 52 (91,2%) anak menunjukkan perkembangan motorik kasar sesuai dan yang tidak sesuai sebanyak 5 (8,8%) anak. Perkembangan motorik halus sesuai sebanyak 51 (89,5%), dan yang tidak sesuai sebanyak 6 (10,5%) anak. Perkembangan psikososial sesuai sebanyak 48 (84,2%), dan yang tidak sesuai sebanyak 9 (15,8%) anak. Perkembangan bahasa sesuai sebanyak 52 (91,2%) anak, dan yang tidak sesuai sebanyak 5 (8,8%) anak.
Kesimpulan: Simpulan dari penelitian ini untuk menggambarkan perkembangan anak prasekolah di TK Imam Syafi’i dalam aspek motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan psikososial.