HUBUNGAN DUKUNGAN PETUGAS KESEHATAN DAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBATPENDERITA TB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKKABATA

  • Andi Ayumar Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Wahiduddin Universitas Hasanuddin
  • Nurul Alfiah Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Andi Yulia Kasma Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: TB Paru, Dukungan petugas kesehatan, Dukungan keluarga

Abstract

Latar belakang: Berdasarkan Profil Dinas Kesehatan Polewali Mandar terdapat kasus TB Paru di tahun 2021 sebanyak 34% kasus TB Paru. Angka kejadian TB paru di Puskesmas Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar mengalami peningkatan setiap tahunnya yaitu pada tahun 2019 sebanyak 58 orang, pada tahun 2020 sebanyak 65 orang, dan pada tahun 2021 didapatkan sebanyak 83 orang.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan dukungan petugas kesehatan dan keluarga dengan kepatuhan minum obat penderita TB  paru di wilayah kerja Puskesmas Pekkabata.

Metode: Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 penderita TB paru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang dengan menggunakan tehnik Total Sampling.

Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan dukungan petugas kesehatan (p value=0,006) dan Dukungan keluarga (p value=0,023) dengan kepatuhan minum obat penderita TB paru di wilayah kerja Puskesmas Pekkabata.

Kesimpulan: Terdapat hubungan dukungan petugas kesehatan, dan Dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat penderita TB paru. Disarankan agar responden penelitian dalam hal ini penderita tuberkulosis paru agar lebih mandiri dalam menjalani pengobatan tuberkulosis paru, aktif dalam kegiatan-kegiatan penyuluhan guna meningkatkan pengetahuan dan menaati semua prosedur penyembuhan tuberkulosis paru yang mana untuk kesehatan dirinya sendiri dan kesehatan keluarga disekitarnya.

Published
2023-11-30
How to Cite
Andi Ayumar, Wahiduddin, Nurul Alfiah, & Andi Yulia Kasma. (2023). HUBUNGAN DUKUNGAN PETUGAS KESEHATAN DAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBATPENDERITA TB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKKABATA. Jurnal Mitrasehat, 13(2), 450-461. https://doi.org/10.51171/jms.v13i2.413