GAMBARAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU (TB PARU) DI BALAI BESAR KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BBKPM) MAKASSAR

  • Esse Puji Pawenrusi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Jufri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Miftahul Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Tuberkulosis, Kualitas Hidup

Abstract

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi yang telah lama diketahui dan menjadi penyebab kematian di seluruh dunia Kualitas hidup penderita TBC merupakan ukuran penting  karena berhubungan dengan keadaan sesak yang  akan menyulitkan penderita melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari atau terganggu status  fungsionalnya seperti merawat diri, mobilitas, makan, berpakaian dan aktivitas rumah tangga, tambahkan  tujuan pneliian (lihat tujuan umum penelitian).

Metode peneliitian menggunakan desain penelitian deskriptif dengan tehnik aksidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien penyakit tuberkulosis (tb paru) di balai besar kesehatan paru masyarakat makassar jumlah populasi pada 7 bulan terakhir adalah 483 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan dari 37 responden diketahui bahwa responden yang menderita TB paru diketahui bahwa responden dengan kualitas hidup buruk sebanyak 16 responden (43.2%), sedangkan kulaitas hidup baik sebanyak 21 responden (56.8%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reponden yang menderita TB paru di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Makassar dengan kualitas hidup yang terbanyak iyalah kualitas hidup baik sebanyak 21 responden (59.5%).

Simpulan dari penelitian ini adalah usia juga dapat mempengaruhi kualitas hidup pada pasien tuberkulosis paru dimana pada usia lanjut dapat mempengaruhi kemampuan fisik nya yang mulai menurun. Disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih luas dengan variabel yang berbeda kepada pasien tuberculosis.

 

Published
2020-09-21
How to Cite
Esse Puji Pawenrusi, Jufri, & Miftahul Akbar. (2020). GAMBARAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU (TB PARU) DI BALAI BESAR KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BBKPM) MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 10(1), 168-177. https://doi.org/10.51171/jms.v10i1.134

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>