HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BINAMU KOTA KABUPATEN JENEPONTO

  • Sulaiman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Jufri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Irwan Dinas Kesehatan Kabupaten Maros
  • Dhea Setyaningsih Putri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan, Puskesmas

Abstract

Latar belakang: Bertambahnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan mengakibatkan tuntutan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Salah satu upaya mengantisipasi keadaan tersebut dengan menjaga kualitas pelayanan, sehingga perlu dilakukan upaya terus menerus agar dapat diketahui kelemahan atau kekurangan jasa pelayanan kesehatan.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Binamu Kota Kabupaten Jeneponto.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara dengan alat bantu kuesioner.

Hasil: Analisis bivariat dari 99 responden yang diteliti, diketahui hasil analisis statistik menggunakan uji fisher di dapatkan nilai 0,000 pada semua dimensi maka di peroleh ada hubungan pada dimensi hubungan antar manusia, kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu dengan kepuasan pasien di Puskesmas Binamu Kota Kabupaten Jeneponto.

Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara dimensi hubungan antar manusia, kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu dengan kepuasan pasien. Di sarankan kepada pihak puskesmas, agar dapat melakukan evaluasi dan perbaikan manajemen kualitas pelayanan sehingga kepuasan pasien terkait dengan hasil penelitian yaitu pada komponen kenyamanan pasien dan ketepatan waktu sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Published
2024-05-31
How to Cite
Sulaiman, Jufri, Irwan, & Dhea Setyaningsih Putri. (2024). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BINAMU KOTA KABUPATEN JENEPONTO. Jurnal Mitrasehat, 14(1), 621-632. https://doi.org/10.51171/jms.v14i1.436