PERILAKU IBU DALAM PENANGANAN DINI GIZI BURUK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PATTINGALLOANG KOTA MAKASSAR

  • Esse Puji Pawenrusi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Maria Mitani Kewaru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

Abstract

Faktor pengetahuan merupakan hal penting yang dibutuhkan dalam menangani gizi buruk. Pengetahuan yang baik tentang gizi buruk mempermudah ibu dalam menangani gizi buruk. Semakin banyak yang ibu tahu tentang bahaya gizi buruk dan penanganannya maka penyakit gizi buruk semakin mudah ditangani oleh ibu. Sikap dan tindakan ibu juga merupakan faktor yang penting yang diperlukan ibu dalam menangani gizi buruk. Jika sikap ibu dalam merespon gizi buruk tepat maka balitanya akan terhindar dan tidak terkena gizi buruk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku ibu dalam penanganan dini gizi buruk di wilayah kerja Puskesmas Patingalloang Kota Makassar.

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif yang sifatnya mengeksplorasi informasi dari informan. Informan dalam penelitian ini adalah ibu -ibu balita yang bertempat tinggal di Wilayah Kerja Puskesmas Pattingalloang Kota Makassar dan memiliki balita dan bisa memberikan informasi dengan menggunakan teknik purposif sampling dengan jumlah informan sebanyak 18 orang

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Pengetahuan ibu tentang Gizi Buruk cukup, dimana ibu mengetahui pengertian, penyebab, tanda–tanda dan cara pencegahan Gizi Buruk, sikap ibu  tentang penanganan Gizi Buruk positif, dimana ibu memberikan gizi seimbang dan pola pengasuhan yang baik pada balitanya , tindakan ibu juga positif tetang pengobatan pada balitaya dimana ibu melakukan penanganan dengan memilih penanganan dari  Dokter, Puskesmas atau Rumah Sakit.

Dalam penelitian ini disarankan agar pengetahuan, sikap dan tindakan ibu ibu dalam penanganan Gizi Buruk dipertahankan, dan sebaiknya Dinas Kesehatan terkait agar lebih meningkatkan lagi sosialisasi tentang  penanganan Gizi Buruk dengan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat khususnya ibu balita atau membuat pelatihan khusus untuk ibu balita, sehingga angka prevalensi  Gizi Buruk bisa diminimalisir dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat optimal.

Published
2016-05-31
How to Cite
Esse Puji Pawenrusi, & Maria Mitani Kewaru. (2016). PERILAKU IBU DALAM PENANGANAN DINI GIZI BURUK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PATTINGALLOANG KOTA MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 6(1). https://doi.org/10.51171/jms.v6i1.164

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>