HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI DI PUSKESMAS KABAENA KABUPATEN BOMBANA KENDARI

  • Andi Ayumar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Andi Yulia Kasma Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

Abstract

Imunisasi dasar merupakan pemberian imunisasi awal untuk mencapai kadar kekebalan diatas ambang perlindungan. Imunisasi pada bayi antara umur 1-2 tahun terdiri dari imunisasi BCG, DPT, Polio, Hepatitis B dan Campak. Data Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2013 cakupan imunisasi sebesar 90,00%, sedangkan pada tahun 2014 cakupan imunisasi di Indonesia terjadi penurunan yakni dengan jumlah sebesar 86,9%. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi di Puskesmas Kabaena Kabupaten Bombana Kendari.
Jenis penelitian dengan metode analitik, menggunakan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini semua ibu yang memiliki anak usia 1-2 tahun di Puskesmas Kabaena Kabupaten Bombana yaitu 77 orang. Jumlah sampel 65 orang menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian dilaksanakan tanggal 07 s/d 18 Maret 2016. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi kemudian dilakukan analisa statistik menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan  < 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu memiliki pengetahuan baik yaitu sebanyak 53 orang (81,5%), dan sebagian besar bayi dengan status imunisasi lengkap yaitu sebanyak 49 orang (75,4%). Hasil uji chi square diperoleh nilai p = 0,003 < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan ibu dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada bayi. Disarankan kepada masyarakat, khususnya ibu agar selalu mencari informasi tentang pentingnya kelengkapan imunisasi dasar pada bayi baik melalui media cetak, atau dengan mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan oleh pihak Puskesmas.

Published
2017-11-30
How to Cite
Andi Ayumar, & Andi Yulia Kasma. (2017). HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BAYI DI PUSKESMAS KABAENA KABUPATEN BOMBANA KENDARI. Jurnal Mitrasehat, 7(2). https://doi.org/10.51171/jms.v7i2.228

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>