GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG DIABETES MELITUS GESTASIONAL DI PUSKESMAS MANGASA MAKASSAR

  • Halmina Ilyas SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MAKASSAR
  • Sri Sartika JR SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MAKASSAR

Abstract

Diabetes melitus gestasional merupakan keadaan glukosa yang intoleran terjadi pada saat kehamilan, menimbulkan bahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Dalam teori Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 50% ibu dengan diabetes melitus gestasional berkembang menjadi diabetes tipe 2, apabila setelah persalinan terjadi dan masih menunjukkan kadar gula darah tinggi, maka penderita berisiko berlanjut terkena diabetes tipe 2 atau terjadi diabetes melitus gestasional yang berulang pada 3 masa yang akan datang. Sedangkan untuk janin sekitar 15-45% bayi baru lahir mengalami berat lahir > 4.000 g,bayi dalam kandungan menyimpan kelebihan gula yang diterimanya dari aliran darah ibu sebagai lemak, sehingga bayi dalam kandungan bisa tumbuh lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang diabetes melitus gestasional.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain purposive sampling. Lokasi penelitian di wilayah kerja puskesmas mangasa Makassar dengan populasi sebanyak 919 dan 91 sampel dengan kriteria inklusi dan eksklusi menggunakan instrumen penelitian kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 91 responden, gambaran pengetahuan dan sikap ibu hamil yaitu pengetahuan yang cukup berjumlah 55 responden dengan sikap negatif 4 (7,3%) sikap positif 51 (92,7%) sedangkan pengetahuan baik berjumlah 36 responden semuanya memiliki sikap yang positif 36 (100,0%).

Kesimpulan dalam penelitian ini gambaran pengetahuan ibu hamil didapatkanlebih dari setengah responden mempunyai pengetahuan yang kurang, sedangkan sikap ibu hamil hampir seluruh responden mempunyai sikap yang positif. Disarankan pada penelitian selanjutnya agar melakukan penelitian dengan melakukan kontrol gula sebelumnya dalam melakukan penelitian agar mengetahui normalnya kadar gula darah responden.

Published
2021-07-13
How to Cite
Halmina Ilyas, & Sri Sartika JR. (2021). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG DIABETES MELITUS GESTASIONAL DI PUSKESMAS MANGASA MAKASSAR. Jurnal Mitrasehat, 9(2). https://doi.org/10.51171/jms.v9i2.292