HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS PALAKKA KABUPATEN BARRU

  • Andi Yulia Kasma Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Andi Ayumar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Irwan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: kehandalan, daya tanggap, tampilan fisik, jaminan, perhatian, kepuasan pasien

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan melihat kondisi kunjungan pasien yang setiap bulan tidak stabil dan banyaknya keluhan dari pasien seputar pelayanan kesehatan yang diberikan dan berdasarkan data awal 6 bulan terakhir di Puskesmas Palakka Kabupaten Barru Tahun 2017 jumlah kunjungan sebanyak 100 jiwa, selain itu rasio antara para medis dengan jumlah peserta BPJS yang mendaftar diwilayah kerja Puskesmas Palakka tidak sebanding, yang menunjukkan sebanyak 2 dokter umum, 10 perawat, perawat gigi, apotik 3, loket 2 jumlah tempat tidur 8, penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Palakka.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey analitik dengan pendekatan cross sectional study, sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang.

Hasil uji chi-square menunjukkan tidak ada hubungan antara kehandalan dengan kepuasan pasien 0,716>0,05, ada hubungan antara daya tanggap dengan kepuasan pasien 0,004<0,05, ada hubungan antara tampilan fisik dengan kepuasan pasien 0,001<0,05, tidak ada hubungan antara jaminan dengan kepuasan pasien 0,156>0,05, tidak ada hubungan antara perhatian 0,012>0,05.

Simpulan yaitu ada hubungan antara daya tanggap dan tampilan fisik terhadap kepuasan pasien, sedangkan kehandalan, jaminan, perhatian, tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien, peneliti memberikan saran agar petugas kesehatan mempertahankan kehandalan, daya tanggap tampilan fisik, jaminan, perhatian agar dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Published
2023-07-24
How to Cite
Andi Yulia Kasma, Andi Ayumar, & Irwan. (2023). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS PALAKKA KABUPATEN BARRU. Jurnal Mitrasehat, 8(1), 93-103. https://doi.org/10.51171/jms.v8i1.365

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>