HUBUNGAN BUDAYA KESELAMATAN SEKOLAH DAN PROGRAM SPAB TERHADAP PENERAPAN MITIGASI BENCANA
Abstract
Latar Belakang : Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang mengalami kerugian dan dampak buruk dari bencana, terutama ketika bencana terjadi selama jam sekolah. Budaya keselamatan di sekolah merupakan fondasi penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan terlindungi. Budaya keselamatan ini tidak hanya mencakup tindakan pencegahan dan respons terhadap bencana, tetapi juga melibatkan upaya yang sistematis dan terintegrasi untuk melindungi seluruh komunitas sekolah dari berbagai risiko
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kebijakan K3, pelatihan K3, penilaian risiko, dan kesadaran berperilaku k3 dengan penerapan mitigasi bencana
Methods: Penelitian ini menggunakan metode analitik cross sectional. Populasi pada penelitian ini ialah warga sekolah yaitu, kepala sekolah, guru, staf, dan petugas keamanan sekolah dengan jumlah sampel 101 responden
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kebijakan K3 dengan penerapan mitigasi bencana di sekolah dengan (p=0,002), ada hubungan pelatihan k3 dengan penerapan mitigasi bencana disekolah dengan (p=0,002), ada hubungan saran keselamatan dengan penerapan mitigasi bencana disekolah dengan (p=0,002), dan tidak hubungan (p=0,727)kesadaran berperilaku K3 dengan penerapan mitigasi bencana disekolah.
Kesimpulan: terdapat hubungan kebijakan K3, pelatihan K3, dan sarana keselamatan terhadap penerapan mitigasi bencana serta tidak terdapat hubungan antara kesadaran berperilaku k3 terhadap penerapan mitigasi bencana. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan budaya keselamatan sekolah dan penerapan mitigasi bencana di lingkungan sekolah sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan sehat.
References
Dewanto, S. A., Munir, M., & Wulandari, B. (2021). Sistem K3 pada pembelajaran praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(2), 160–167. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.36109
Dihartawan, D. (2018). Budaya keselamatan (kajian kepustakaan). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 14(1), 98–108. https://doi.org/10.24853/jkk.14.1.98-108
Erika, E. S. C., Ramli, S., & Sugiarto, S. (2024). Hubungan kepatuhan penggunaan APD dan perilaku keselamatan kesehatan kerja dengan kinerja karyawan. Jurnal Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan, 5(1).
Fadhlurrahman, A. W., & Sibuea, R. P. (2022). Efektivitas program Satuan Pendidikan Aman Bencana. Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik, 4(2), 63–74.
Makhtar, N. K., Parasuraman, B., Zakaria, M. N., & Ismail, A. R. (2018). Safety culture and its contributing factors in education sector in Malaysia. In Advances in Intelligent Systems and Computing (pp. 456–464). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-60525-8_47
Nasution, A. S., & Susilawati, S. (2024). Pengaruh penerapan kebijakan K3 terhadap pencegahan kecelakaan kerja. Gudang Jurnal Multidisiplin, 2(6), 495–497. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.587
Rahmayani, D., Johan, H., Parlindungan, D., & Defianti, A. (2024). Analisis keterlaksanaan pendidikan mitigasi bencana dalam pembelajaran IPA di wilayah pesisir Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 3(2), 97–105.
Septikasari, Z., Retnowati, H., & Wilujeng, I. (2022). Pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana (PRB) sebagai strategi ketahanan sekolah dasar dalam penanggulangan bencana. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 120–136. https://doi.org/10.22146/jkn.74412
Susanti, F., Buston, E., Fasrini, U., Dewi, P. R., Kandari, A. M., Rasidi, R., Sari, A. I., Syam, I., Susanto, T., Marliana, T., & Hartono, D. (2024). Mitigasi bencana dan lingkungan. Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.
Syam, I., Thamrin, Y., Arsin, A., & Saleh, L. M. (2025a). A scoping review of disaster preparedness integration in Indonesian school curricula to promote child and community health resilience. Medicina Katastrof, 2025(1), 413–420.
Syam, I., Thamrin, Y., Arsin, A., Saleh, L. M., Maulana, A., Khuzaimah, A., & Manyullei, S. (2025b). Effectiveness of disaster education programs in senior high schools: A study of implementation and impact in Indonesia, China, the Philippines, and Thailand. Journal of Neonatal Surgery, 14(7s), 726–734.
Tae, P. M. S. Y. (2024). Implementasi Satuan Pendidikan Aman Bencana terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa. Journal of Telenursing (JOTING), 6(2), 568–577.
Wulandari, D., Bangun, E., Suwarno, P., & Widodo, P. (2024). Aksi pengurangan risiko bencana dengan penerapan program Satuan Pendidikan Aman Bencana di sekolah. Nusantara Journal of Social Sciences, 6(11), 2430–2433.
Zahara, S. (2019). Peran sekolah dalam pendidikan mitigasi bencana di sekolah menengah atas.








