GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP NELAYAN DENGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU

  • Muhammad Hatta Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Ilham Syam Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Nadila Bole Boly Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Nelayan, Low Back Pain

Abstract

Latar belakang: Penyakit akibat kerja adalah sebagai akibat dari pajanan faktor dari risiko yang muncul dari aktivitas kerja. Menurut Perpes RI No. 7 tahun 2019 tentang penyakit akibat kerja, penyakit akibat kerja adalah penyakit yang di sebabkan oleh pekerjaan dan/atau lingkungan kerja.

Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap nelayan pada penyakit Low Back Pain (LBP) Di Desa Ujir Kabupaten Kepulauan Aru Kecamatan Pulau-Pulau Aru.

Metode: Jenis penelitian ini deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 135, dan jumlah sampel sebanyak 100. pengambilan sampel menggunakan non probability sampling.

Hasil: penelitian ini menunjukan bahwah dari 100 responden memiliki pemeriksaan reba dengan hasil pengetahuan baik sebanyak 87 orang (87,0%) dibanding yang pengetahuan kurang sebanyak 13 orang (13,0%). Sedangkan dari 100 responden, Sikap pemeriksaan REBA dengan hasil Negatif sebanyak 100 responden (100,0%),

Kesimpulan: di harapkan bagi instansi kesehatan dapat memberikan pendampingan kepada para nelayan dan keluarga dengan membantu mengatasi masalah yang di hadapi salah satunya yaitu masalah penyakit LBP yang bisa terjadi akibat tidak terkontrolnya cara dalam bekerja sebagai nelayan.

Published
2023-11-30
How to Cite
Muhammad Hatta, Ilham Syam, & Nadila Bole Boly. (2023). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP NELAYAN DENGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN DI KABUPATEN KEPULAUAN ARU. Jurnal Mitrasehat, 13(2), 477-483. https://doi.org/10.51171/jms.v13i2.420